Ulkus Dekubitus dan Pencegahannya

Ulkus dekubitus diartikan sebagai luka yang timbul akibat tekanan dan gesekan pada kulit yang terlalu lama. Jika Anda memiliki risiko tinggi terhadap terjadinya ulkus dekubitus, hal utama yang harus Anda perhatikan adalah mengurangi tekanan. Jika Anda harus berbaring di tempat tidur untuk waktu yang lama, Anda harus bergerak, berbalik dan duduk sebanyak mungkin dengan bantuan orang lain jika diperlukan. Jika tidak mungkin, Anda perlu direposisi secara teratur agar Anda tidak menghabiskan terlalu banyak waktu berbaring di satu sisi atau di belakang Anda.



ulkus dekubitus
Kasur Dekubitus


Selain itu, diperlukan dukungan khusus dari permukaan yang dijadikan alas kontak dengan tubuh agar dapat mengurangi, bahkan menghilangkan tekanan seperti kasur dekubitus, lapisan dan bantal juga dapat digunakan untuk mengurangi tekanan. Ke semua alat tersebut membantu mengurangi tekanan dalam dua cara umum, seperti:
  • Beberapa permukaan membantu mendistribusikan tekanan di daerah yang lebih besar. Termasuk beberapa jenis kasur (busa atau gel, misalnya) dan overlay. Alas dapat dibuat dari wol atau bulu hewan kulit, atau yang mengandung bahan seperti silikon atau gel;
  • Cara lain dengan mengubah posisi. Mengubah tekanan ke berbagai bagian tubuh Anda yang diterapkan secara berkala. Hal ini dilakukan dengan menggunakan kasur berisi udara atau alas yang dapat dipompa dengan jumlah yang lebih besar atau lebih kecil dari udara di tempat yang berbeda.

Mencegah Ulkus Dekubitus 

Pencegahan terbaik untuk menghindari ulkus dekubitus salah satunya dengan mengubah posisi berbaring atau duduk secara periodik. Kasur yang dirancang khusus dan selimut juga dapat digunakan untuk mengurangi tekanan pada daerah kulit yang rawan terkena dekubitus. Ulkus dekubitus sering disebabkan karena berbaring atau duduk dalam posisi yang sama untuk waktu yang lama. Kebanyakan orang dapat mengubah posisi mereka ketika mereka duduk untuk waktu yang lama atau tertidur, baik sadar atau tidak sadar. Namun, pasien yang sangat lemah, sakit lumpuh atau tidak sadar tidak dapat bergerak pada umumnya. Hal ini menyebabkan bagian-bagian dari tubuh berada di bawah tekanan konstan pada saat duduk atau berbaring. Lamanya waktu yang menyebabkan ulkus dekubitus sangat bervariasi pada setiap orangnya.

Penyembuhan ulkus dekubitus memerlukan waktu yang lama. Ulkus biasanya sembuh dengan sangat lambat dan mungkin terjadi ulkus kembali. Inilah alasan mengapa sangat penting untuk mencoba selalu menjaga agar ulkus tidak berkembang dari tempat pertama. Pasien yang duduk di kursi roda atau harus berbaring di tempat tidur untuk waktu yang lama sering mengatakan bahwa mereka dapat merasakan bagian tubuh mereka menjadi sakit. Hal ini penting untuk memerhatikan tanda-tanda ini dan menanggapinya dengan melakukan sesuatu hal untuk menghentikan luka yang semakin parah.

Pasien yang harus duduk atau berbaring untuk waktu yang lama mungkin masih dapat bergerak sedikit. Jika mereka mampu duduk, meninggalkan tempat tidur, atau bahkan berjalan beberapa langkah dengan sedikit bantuan, merupakan tindakan yang baik untuk melakukannya sesering mungkin.

Dengan menyadari bagian tubuh yang paling terpengaruh oleh tekanan, serta posisi yang berpotensi menyebabkan masalah dapat membantu Anda mendapatkan ide mengenai perubahan yang mungkin bisa membantu pasien. Misalnya, memosisikan berbaring dengan tekanan jauh lebih sedikit di bagian belakang daripada duduk di kursi. Jika Anda menggunakan kursi roda, Anda dapat mengetahui tindakan untuk mengurangi tekanan. Setelah itu, Anda dapat membuat pola rutinitas sesuai kebutuhan pasien.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: ncbi.nlm.nih.gov.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :