Pengertian Ulkus Dekubitus Secara Umum

Pengertian ulkus diartikan sebagai luka yang bersifat terbuka dan terjadi pada bagian permukaan kulit atau selaput lendir. Mengurangi tekanan pada kulit secara teratur dengan menggeser posisi duduk atau berbaring adalah hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mencegah ulkus. Tidak ada satu cara yang dianjurkan selain sering mengubah posisi. Beberapa orang dapat berbaring di posisi yang sama untuk waktu yang cukup lama tanpa timbulnya ulkus, sementara yang lain perlu beralih lebih sering untuk menghindari timbulnya ulkus. Penelitian yang dilakukan belum menemukan seberapa sering seseorang harus mengubah posisi untuk mendapatkan efek pencegahan terbaik terhadap ulkus.



Pengertian Ulkus
Kasur Dekubitus


Tidak perlu mereposisi terlalu sering, hal ini juga kurang baik untuk dilakukan karena dapat menimbulkan efek kurang baik. Misalnya, reposisi setiap dua jam di malam hari dapat membangunkan orang tersebut setiap waktu dan mengurangi jam tidur malam. Mengubah posisi juga bisa sangat menyakitkan bagi orang yang memiliki luka atau dislokasi sendi. Melakukan reposisi juga sering membutuhkan bantuan dari orang lain. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan seberapa sering posisi seseorang benar-benar perlu bergeser berdasarkan keadaan masing-masing.

Pengertian Ulkus Dekubitus

Pengertian ulkus dekubitus ialah suatu keadaan pada bagian kulit tertentu yang mengalami luka terbuka akibat tekanan dan gesekan yang terlalu lama. Pengertian ulkus dekubitus diartikan juga sebagai kerusakan kulit yang terjadi akibat kulit kekurangan suplai darah dan oksigen sehingga menyebabkan kematian jaringan atau kulit. Sebenarnya ulkus dekubitus dapat dicegah dengan mengubah posisi berbaring atau duduk secara berkala. Namun, terdapat beberapa keadaan yang membuat orang tersebut sulit untuk melakukan reposisi seperti pada orang yang tidak mampu bergerak sama sekali (stroke atau lumpuh).

Orang yang tidak mampu bergerak sama sekali kadang-kadang memiliki nafsu makan yang sangat rendah. Namun, sangat penting untuk makan dengan benar agar tetap dalam kondisi fisik yang baik. Malnutrisi dapat membuat kulit Anda lebih rentan terhadap penyakit atau infeksi. Beberapa orang mengambil suplemen diet untuk alasan ini, tetapi tidak jelas apakah produk ini dapat mencegah ulkus dekubitus.

Penggunaan lotion kulit juga sering digunakan untuk mencegah ulkus dekubitus. Hal ini umumnya menjadi ide yang baik untuk memastikan bahwa kulit Anda tidak terlalu kering dan menjadi lembap. Belum ada data penelitian yang menyimpulkan apakah penggunaan rutin krim atau lotion dapat mencegah ulkus dekubitus.

Berbagai jenis permukaan kasur digunakan untuk mengurangi tekanan agar dapat mengurangi ulkus dekubitus. Sekarang banyak tersedia overlay dan kasur dengan sistem khusus yang digunakan di rumah sakit, panti jompo, atau di rumah. Seperti kasur selimut yang terbuat dari busa khusus atau kulit domba. Kasur ini dapat mendistribusikan tekanan pada daerah permukaan yang lebih besar dan mengurangi tekanan pada bagian yang rentan dari tubuh.

Kasur khusus yang dikenal sebagai kasur dekubitus juga sering digunakan untuk mencegah terjadinya ulkus dekubitus. Kasur ini memiliki beberapa ruang yang secara otomatis diisi udara dengan jumlah yang berbeda. Tekanan kemudian berubah beberapa kali dalam waktu satu jam untuk mengurangi tekanan pada bagian tubuh yang berbeda. Kasur dekubitus paling sering digunakan untuk pasien yang memiliki risiko tinggi terutama terhadap pengembangan dari ulkus dekubitus seperti pasien dalam perawatan intensif yang menggunakan ventilator dan tidak bisa bergerak sendiri.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: ncbi.nlm.nih.gov.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :