Pencegahan Dekubitus Secara Efektif

Pencegahan dekubitus dapat dilakukan sebelum pasien yang melakukan tirah baring terkena ulkus dekubitus. Pencegahan dekubitus dapat dilakukan oleh pasien sendiri atau dengan bantuan orang lain. Khususnya pada pasien penderita stroke. Untuk mencegah terjadinya ulkus dekubitus, pasien ini memerlukan pertolongan orang lain untuk mencegahnya. Seperti sering mengubah posisi tidur. Tentu saja, pasien stroke tidak dapat melakukannya sendiri sehingga memerlukan bantuan dari orang lain seperti bantuan dari perawat ataupun keluarga pasien.



pencegahan dekubitus
Kasur Dekubitus


Pada umumnya pencegahan dekubitus sangat mudah untuk dilakukan. Namun, untuk mencegah dekubitus diperlukan keteraturan. Keteraturan dalam melakukan langkah pencegahan penyakit dekubitus ini akan menghindarkan dari penyakit dekubitus. Pencegahan terhadap penyakit dekubitus dapat dilakukan dengan tiga langkah kunci, yaitu pemeriksaan kulit setiap hari, membersihkan kulit setiap hari, dan mengurangi tekanan pada kulit.

Cara Pencegahan Dekubitus


Cara pencegahan dekubitus dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya dengan rajin memeriksa kulit setiap hari. Ulkus dekubitus dapat terjadi dan muncul dalam tempo waktu yang cepat. Apabila hal ini dideteksi secara dini maka ulkus dekubitus dapat ditangani secepat mungkin. Pemeriksaan kulit lebih difokuskan pada bagian kulit yang sering kontak dan bersandar pada kursi roda atau tempat tidur dalam tempo waktu yang lama. Ataupun dapat memeriksa kulit yang sering bergesekan dengan bagian tubuh lainnya atau bergesekan dengan pakaian. Bagian kulit yang perlu diperhatikan ialah kulit punggung bawah, tumit kaki, tulang ekor, pinggul, lutut, pantat, siku, bagian belakang kepala, serta pergelangan kaki.

Selain memerhatikanbagian kulit tertentu setiap hari, langkah selanjutnya cara pencegahan dekubitus ialah menjaga kulit agar selalu tetap bersih. Cara membersihkan kulit ialah dengan mencucinya dengan menggunakan sabun serta air. Setelah itu, keringkan kulit dengan menggunakan handuk. Membersihkan kulit umumnya dilakukan dua kali sehari yaitu pada saat mandi. Namun, kulit juga perlu segera dibersihkan apabila terpapar dengan keringat, urine, atau feses.

Cara selanjutnya ialah dengan mengurangi tekanan luar yang berlebihan terhadap kulit. Mengurangi tekanan luar dapat dilakukan dengan mengubah posisi tidur atau duduk dalam periode waktu setiap dua jam. Hal ini dilakukan setiap hari dan dapat juga dilakukan dengan cara mengganti alas tidur atau alas duduk. Alas tidur dapat digantikan dengan matras atau tempat tidur anti-dekubitus, selain itu dapat juga menggunakan circoelectric bed, air matras, dan sebagainya.

Paparan di atas umumnya digunakan untuk mencegah terjadinya dekubitus. Dekubitus tidak akan terjadi bila kita melakukan tiga hal utama diatas. Selain tiga hal utama untuk mencegah penyakit dekubitus, pasien juga perlu diberikan mengenai pendidikan kesehatan tentang luka dekubitus. Selain pendidikan kesehatan pada pasien, pendidikan kesehatan tentang luka dekubitus juga perlu diberikan pada keluarga pasien. Selain itu, pemeliharaan keadaan umum pasien dan personal hygiene pasien juga perlu dijaga. Maka dari itu, bagi pasien yang dirawat di rumah sakit perlu diingatkan kembali mengenai luka dekubitus dan hendaknya keluarga harus memerhatikan segala kebutuhan pasien termasuk kebutuhan personal higienitas. Pasien yang dirawat di rumah sakit dimandikan dengan cara di seka. Perlu diingat, kebersihan kulit merupakan hal kecil yang harus selalu diperhatikan agar terhindar dari penyakit dekubitus.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: id.wikihow.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :