Obat Luka Dekubitus Mengatasi Infeksi

Obat luka dekubitus biasanya tersedia dalam bentuk sediaan salep. Obat luka dekubitus digunakan dengan cara mengoleskan obat pada bagian kulit yang terdapat luka dekubitus. Obat luka dekubitus biasanya berupa antibiotik topikal yang dapat mencegah penyebaran luka dekubitus. Obat luka dekubitus yang digunakan untuk membersihkan luka dekubitus ialah NaCl. NaCl 0,9% digunakan untuk mengompres, mencuci, dan membilas luka dekubitus. Selain larutan NACl 0,9%, larutan H2O2 3% bisa digunakan untuk membilas luka dekubitus.



obat luka dekubitus
Kasur Dekubitus


Pada luka ulkus dekubitus sering dilakukan pengompresan. Pengompresan luka ini bersifat semipermiabel dan tertutup. Apabila hal ini dilakukan dengan benar maka mengurangi kemungkinan terjadinya pertukaran gas dan transfer penguapan air dari kulit serta mencegah terjadinya maserasi kulit. Kompres yang dilakukan dengan benar dapat mencegah juga terjadinya infeksi serta mencegah faktor trauma baru. Namun, kompres ini dirasakan kurang efektif apabila dilakukan terhadap pasien penderita diaforesis dan eksudat yang banyak.

Obat Luka Dekubitus untuk Mengatasi Infeksi


Tak jarang dari pasien penderita luka dekubitus sering disertai dengan infeksi. Untuk memastikan bahwa pasien tersebut mengalami luka dekubitus yang disertai dengan infeksi perlu melakukan pemeriksaan berupa pemeriksaan kultur dan tes resistensi. Apabila memang benar adanya bahwa pasien tersebut mengalami luka dekubitus yang disertai dengan infeksi maka dapat diberikan obat luka dekubitus berupa obat antibiotik sistemis. Obat antibiotik sistemis ini diberikan pada pasien penderita infeksi jenis sepsis dan selulitis. Namun sebenarnya obat antibiotik sistemis kurang dianjurkan untuk pengobatan ulkus dekubitus saja karena dapat menimbulkan resistensi. Maka dari itu obat antibiotik sistemis dianjurkan untuk diberikan pada luka dekubitus yang sudah terinfeksi.

Antibiotik sistemis yang diberikan di antaranya ialah obat antibiotik golongan penicillins, cephalosporins, sulfonamides, aminoglycosides, dan sebagainya. Untuk antibiotik lainnya yang bisa diberikan ialah clindamycin, metronidazole, dan trimethoprime. Pada luka dekubitus dengan infeksi, luka tersebut harus dibersihkan beberapa kali dalam sehari. Pembersihan lukanya pun menggunakan larutan antiseptik seperti povidon iodin 1%, H2O2 3%, seng sulfat 0,5%, dan lainnya.

Obat Luka Dekubitus untuk Membentuk Jaringan


Selain mengobati luka dekubitus yang terfokus pada lukanya, pasien harus diberikan obat agar luka dekubitus tersebut membentuk jaringan baru. Agar pembentukan jaringan granulasi dan jaringan epitelisasi terbentuk secara cepat, maka pada luka ulkus dekubitus dapat diberikan bahan-bahan topikal misalnya sepeti salep asam salisilat 2%, preparat seng (ZnO, ZnSO4) dan oksigen hiperbarik. Oksige hiperbarik mampu memberikan efek bakteriostatik terhadap sejumlah bakteri serta mempunyai efek proliferatif epitel, menambah jaringan granulasi serta memperbaiki keadaan pembuluh darah.

Pada luka dekubitus, selain dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan kimia, juga dapat diobati dengan tindakan pembedahan. Tujuan dilakukan pembedahan pada luka ulkus yaitu untuk membersihkan ulkus, mempercepat penyembuhan kulit, dan penutupan dari ulkus. Tindakan pembedahan ini utamanya dilakukan pada luka ulkus dekubitus derajat III dan derajat IV. Luka dekubitus derajat III itu sendiri mempunyai ciri sebagai luka dekubitus yang meluas pada lapisan lemak subkutis dan otot yang mulai terganggu dengan adanya inflamasi edema, serta hilangnya stroketur fibril, sedangkan ulkus dekubitus derajat IC merupakan luka dekubitus yang meluas hingga mengenai fasia, sendi serta tulang. Penyembuhan luka dekubitus derajat 4 membutuhkan waktu tiga sampai dengan enam bulan.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: scrib.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :