Obat Decubitus dengan Kasur Dekubitus

Obat decubitus pada dasarnya ditentukan berdasarkan resep dari dokter. Obat decubitus yang diberikan berupa salep atau lotion yang diberikan atau dioleskan pada bagian luka dekubitus. Salah satu obat salep yang digunakan untuk mengobati luka dekubitus ialah salep kulit tracetin. Tracetin dapat mengobati infeksi lokal pada kulit seperti impetigo, pioderma, luka bakar, folikulitis, furunkulosisi, akne nekrotika, eksim dengan infeksi dan tentu saja ulkus dekubitus. Dalam setiap gram dari obat salep ini mengandung neomycine sulfate 5 mg dan bacitracin 250 mg.



obat decubitus
Kasur Dekubitus Serenity


Salep tracetin berisi 5 gram. Biasanya salep ini digunakan untuk penyembuhan luka dekubitus dan digunakan dua sampai dengan tiga kali dalam sehari. Cara menggunakannya ialah dengan mengoleskan salep tersebut pada bagian kulit yang terkena luka dekubitus. Harga dari salep kulit ini dijual dengan harga Rp22.000,00.


Pengobatan luka dekubitus dengan menggunakan salep dilakukan secara rutin selama perawatan luka dekubitus. Perawatan luka dekubitus dilakukan dengan membersihkan luka tersebut dengan cairan NaCl. Setelah itu baru dioleskan salep kulit atau puregan oil pada luka dekubitus. Selain salep kulit tracetin, obat lain luka dekubitus yang digunakan ialah salep kloramfenikol 2%. Di samping itu, pasien penderita luka dekubitus diberikan juga obat antibiotik spektrum luas seperti amoksisilin 4 x 500 mg selama 15 sampai dengan 30 hari, golongan kuinolon 4 x 500 mg/hari selama 14 hari, dan siklosporin 1-2 gr/hari selama 3-19 hari. Selain pengobatan dekubitus dengan obat-obatan, pengobatan dekubitus dapat dilakukan juga dengan menggunakan kasur dekubitus.

Obat Decubitus dengan Menggunakan kasur Dekubitus

Banyak peneliti menyebutkan kasur dekubitus dapat dijadikan sebagai alat untuk mengobati luka dekubitus. Pada kasur dekubitus dilengkapi dengan mesin pompa udara listrik dengan tenaga kecil yang mampu memompa udara agar masuk ke dalam kasur serta keluar dari kasur secara otomatis. Kasur dekubitus memiliki bentuk yang bergelombang dengan tekanan udara di dalamnya. Permukaan kasur mampu menaikan serta menurunkan tekanan menyesuaikan dengan bidang tubuh. Selain itu, permukaan kasur dekubitus juga mampu menyesuaikan dengan posisi pasien yang berbaring di atas kasur dekubitus.

Pada dasarnya prinsip kerja kasur dekubitus berfungsi untuk mengurangi tekanan. Kasur dekubitus pada bagian gelembungnya akan mengempis apabila tertekan oleh anggota tubuh. Misalnya pasien dengan posisi miring kiri di atas kasur dekubitus maka bagian kasur dekubitus yang akan menggelembung ialah bagian sebelah kanannya karena di bagian kiri terdapat bagian tubuh yang lebih besar sehingga udara dari kasur dekubitus berpindah pada bagian kanan.

Walaupun menggunakan kasur dekubitus, pasien masih perlu melakukan reposisi atau mengubah posisi pada saat berbaring di atas kasur dekubitus. Penggantian posisi tersebut dilakukan secara teratur dalam jangka waktu tertentu. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengobati atau mencegah terjadinya luka dekubitus yang baru. Selain itu, pasien dipijat dengan menggunakan krim atau lotion pada bagian punggung. Hal ini bertujuan agar sirkulasi darah tetap terjaga.

Kasur dekubitus sangat cocok untuk digunakan oleh pasien lansia, pasien yang memiliki berat badan di bawah normal atau kurus sekali, pasien yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, pasien yang tidak dapat untuk bergerak, pasien penderita inkontinensia, dan pasien yang dalam keadaan lemah.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: perawatluka.com, apotik.medicastore.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :