Kasur Dekubitus (Cara Merawat dan Manfaat)

Kasur dekubitus ialah kasur yang dirancang untuk mengurangi atau pun mencegah terjadinya dekubitus. Kasur dekubitus ini memiliki permukaan yang dapat mengurangi penekanan pada kulit. Seperti yang kita ketahui bahwa dekubitus itu sendiri dapat terjadi oleh karena adanya penekanan pada kulit yang berada di bagian bawah terhadap permukaan kasur yang digunakan. Kulit yang berada pada bagian bawah akan menopan beban tubuh secara keseluruhan. Apabila beban tersebut harus ditopang dalam waktu yang cukup lama dan kulit bergesekan atau kontak dengan permukaan yang tidak sesuai maka akan dapat menimbulkan terjadinya dekubitus.



kasur dekubitus
Kasur Dekubitus Serenity


Pada pasien yang berbaring terus-menerus pada tempat tidur biasanya akan berisiko sekali atau rentan terhadap luka lecet atau dekubitus. Luka lecet atau dekubitus ini dapat terjadi oleh karena tekanan anggota tubuh pada permukaan dari tempat tidur. Tempat tidur yang biasanya digunakan oleh pasien bersifat keras dan dapat memberikan tekanan yang besar pada kulit bagian bawah. Maka dari itu akan mudah sekali bagi pasien terutama pasien yang tidak dapat bergerak untuk mengalami luka dekubitus. Untuk mencegah agar hal tersebut tidak terjadi pada pasien, maka dapat menggunakan tambahan kasur khusus seperti kasur anti dekubitus yang diletakkan di atas tempat tidur pasien.

Manfaat Penggunaan Kasur Dekubitus

Banyak pasien yang di rawat di rumah sakit atau pun di rawat di rumah menggunakan kasur dekubitus untuk mencegah terjadinya dekubitus. Selain itu, kasur anti dekubitus ini juga memberikan manfaat lain bagi penggunanya di antaranya ialah menyembuhkan luka dekubitus. Bukan hanya luka atau borok yang dapat disembuhkan dengan kasur anti dekubitus ini melainkan gangguan penyakit yang dirasakan dengan cara penekanan syaraf tulang belakang.

Namun sebenarnya kasur anti dekubitus ini sebaiknya digunakan sebelum luka dekubitus itu timbul. Karena kasur anti dekubitus ini lebih cocok digunakan untuk mencegah terjadinya dekubitu oada pasien yang harus berbaring dalam waktu yang lama. Contoh dari pasien yang dapat menggunakan kasur anti dekubitus ini ialah pasien penderita stroke.

Kasur anti dekubitus dapat dijadikan sebagai tindakan yang bersifat promotif, preventif, kuratif fan rehabilitatif. Maka dari itu kasur anti dekubitus ini dapat digunakan juga oleh orang-orang yang sehat. Cara menggunakan kasur anti dekubitus ini cukuplah mudah. Yiatu dengan melebarkan kasur anti dekubitus tepat berada di atas tempat tidur pasien. Kemudian pasangkan 2 set selang pada bagian in dan out yang terdaoat di kasur anti dekubitus. Setelah itu nyalakan kompresor angin untuk memasukkan udara ke dalam kasur. Kemudian set tekanan udara yang sesuai dengan kebutuhan pasien. Mesin kompresor dapat dihidupkan dalam 24 jam non stop.

Cara Merawat Kasur Dekubitus

Cara perawatan kasur anti dekubitus pun dapat dilakukan dengan mudah. Pertama-tama kita memompa udara dinyalakan terlebih dahulu agar tekanan udara pada kasur dapat terisi penuh dan merata pada setiap sisi dari kasur tersebut. Lakukan hal ini sebelum pasien berbaring di atas kasur anti dekubitus. Langkah kedua, kasur anti dekubitus ini dilap dengan menggunakan lap yang sedikit basah pada semua permukaan kasur anti dekubitus. Setelah itu lap dengan menggunakan kain lap yang kering.

Langkah yang ketiga mesin pompa dapat dimatikan pada saat pasien tidak berbaring di atas kasur anti dekubitus. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar mesin pompa dapat terawat dengan baik dan awet pada saat digunakan. Selain itu, dalam menjaga mesin pompa ini sebaiknya menggunakan stabilizer pada saat mesin pompa tersebut akan digunakan kembali. Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan dalam merawat kasur anti dekubitus.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: mitramedicalservice.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :