Askep Dekubitus dengan Bantuan Keluarga

Askep dekubitus merupakan rangkaian perawatan yang dilakukan terhadap pasien dengan ulkus dekubitus. Askep dekubitus dimulai sejak pertolongan pertama dan perawatan harian yang dilakukan selama masa perawatan di rumah sakit. Askep dekubitus biasanya dibantu oleh seorang perawat. Utamanya perawat yang bekerja di rumah sakit. Asuhan keperawatan yang biasanya dilakukan pada pasien dekubitus di antaranya ialah reposisi pasien, pemberian obat dekubitus dan obat penyakit lain yang diderita oleh pasien, mengangkat jaringan yang mati, pemantauan perkembangan pasien, dan sebagainya.



askep dekubitus


Kasur Dekubitus


Asuhan keperawatan dilakukan dengan kolaborasi petugas kesehatan lainnya seperti dokter dan lain-lain. Tentunya pemberian pengobatan harus berdasarkan instruksi dokter, sedangkan yang melaksanakannya ialah perawat. Objek pemberian obat tersebut ialah pasien penderita dekubitus.

Perawat dapat memberikan banyak pertolongan terhadap pasien dekubitus. Misalnya, mengubah posisi tempat tidur meskipun orang tersebut sebenarnya masih mampu membalik di tempat tidur sendiri, bahkan lebih baik membantu sebanyak yang dibutuhkan untuk mencegah tekanan ulkus sehingga orang tersebut tetap merasa bebas.

Jika pasien perlu berbaring di tempat tidur untuk waktu yang lama, rencana asuhan keperawatan biasanya dibuat bersama-sama dengan para profesional keperawatan. Hal ini mencakup informasi seperti berapa kali sehari seseorang perlu direposisi. Hal ini penting bagi semua orang untuk memastikan rencana perawatan ini diikuti dengan benar.

Askep Dekubitus dengan Bantuan Keluarga

Jika Anda merawat anggota keluarga di rumah atau pergi mengunjungi mereka di rumah sakit atau di panti jompo, Anda dapat membantu mereka bergerak jarak pendek, seperti mengambil beberapa langkah ke meja untuk duduk dan makan. Anggota keluarga juga dapat mempelajari berbagai teknik posisi di kursus perawatan. Di Jerman, asuransi kesehatan atau asuransi perawatan jangka panjang menutupi biaya yang dibutuhkan di rumah atau memberikan hal-hal yang dibutuhkan seperti tempat tidur atau kasur. Banyak kota juga memiliki pusat informasi bagi perawat, menawarkan bantuan dan nasihat tentang isu-isu yang berkaitan dengan pencegahan ulkus dekubitus.

Partisipasi dari kelurga sangatlah penting dalam penyembuhan ulkus dekubitus yang diderita oleh pasien. Keluarga dapat berpartisipasi dengan cara mengawasi dan mendeteksi daerah kulit yang berisiko terkena ulkus dekubitus. Keluarga harus memberitahu perawat atau dokter segera mengenai daerah curiga merah atau sakit kulit. Perawat atau dokter dapat melihat lebih dekat pada daerah yang terkena.

Partisipasi keluarga juga dapat diwujudkan dengan memenuhi kebutuhan pasien ulkus dekubitus seperti membelikan kasur dekubitus. Kasur ini digunakan agar dekubitus tidak berkembang lebih parah. Selain kasur dekubitus, dapat juga menggunakan overlay. Salah satu kelemahan dari kasur yang sangat lembut atau overlay ialah membuat orang lebih sulit bergerak sendiri karena kasur tersebut membuat pasien tenggelam ke dalam kasur. Oleh karena itu, pasieb akan sulit melakukan hal-hal seperti mendorong diri dan berbaring dalam posisi yang berbeda. Akibatnya, pasien yang lemah akan kurang bergerak. Jadi, masuk akal untuk memeriksa jenis kasur atau overlay yang paling cocok digunakan bagi pasien.

Kasur kulit selimut domba adalah pilihan lain. Penelitian yang dilakukan di Australia menunjukkan bahwa khusus kulit domba medis selimut dapat mencegah dekubitus. Jenis lain dari kulit hewan belum diuji dalam penelitian yang baik. Beberapa orang menemukan kulit domba nyaman digunakan, meskipun membuat kulit kepanasan setelah digunakan beberapa saat.


Oleh: Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber: ncbi.nlm.nih.gov.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :